Profile

Bio

Sebelum kita membahas produk Jelly Gamat Terbaik, yang harus Kita ketahui dari produk Jelly Gamat adalah kandungannya, dimana dari kata Gamat itu sendiri yang berarti teripang atau ketimun laut. Gamat atau timun laut adalah sejenis hewan dasar laut yang sangat unik dimana bagian tubuh timun laut dapat meregenerasi sel jaringan tubuhnya dengan cepat sehingga ketika dipotong dan di masukan kembali kedalam air laut, maka timun laut akan menyatukan kembali bagian tubuhnya yang sudah di potong. Dari keunikan timun laut ini membuat para pakar penelitian tertarik untuk mempelajari khasiat dan manfaat timun laut itu sendiri.
https://codepen.io/jellygamatgoldensea/
Banyaknya Produk Jelly Gamat membuat kebanyakan orang kebingungan, untuk itu kami akan memberikan tips agar Anda tidak lagi kebingungan dengan produk Jelly Gamat. Hal yang mendasar yang harus Anda perhatikan untuk memilih produk Jelly Gamat Terbaik
https://www.codecademy.com/jellygamatgolden
Gamat itu sendiri yang berarti teripang atau ketimun laut. Gamat atau timun laut adalah sejenis hewan dasar laut yang sangat unik dimana bagian tubuh timun laut dapat meregenerasi sel jaringan tubuhnya dengan cepat sehingga ketika dipotong dan di masukan kembali kedalam air laut, maka timun laut akan menyatukan kembali bagian tubuhnya yang sudah di potong. Dari keunikan timun laut ini membuat para pakar penelitian tertarik untuk mempelajari khasiat dan manfaat timun laut itu sendiri.
“Teripang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Secara geografis, perairan Indonesia terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia yang merupakan habitat terbaik untuk hewan teripang. Sayangnya, budidaya teripang masih belum banyak dilakukan,” terang Dirhamsyah, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI dalam acara Media Briefing dengan tema “Suplemen Sehat dari Laut untuk Perbaikan Gizi Masyarakat” pada Kamis (22/2) di Media Center LIPI Jakarta.

Hendra Munandar, Peneliti Balai Pengembangan Bio Industri Laut (BBIL) LIPI mengatakan, spesies teripang mengalami praktik tangkap lebih (overfishing) karena nilai ekonomisnya yang tinggi, volume perdagangan yang besar, dan relatif mudah ditemukan di perairan dangkal. Teripang pasir diambil secara terus menerus dari alam tanpa memperhatikan umur dan ukuran, dari anakan muda sampai dewasa, untuk memenuhi tingginya permintaan pasar.

Belum adanya manajemen stok yang baik berdampak pada penurunan populasi di alam di seluruh dunia dan mendorong spesies ini digolongkan sebagai salah satu biota yang terancam punah dalam the IUCN Red List of Threatened Species (Hamel et al., 2013).

“Hal ini mendorong perlunya penguasaan teknologi budidaya biota ini untuk mendukung upaya konservasi, usaha budidaya, dan sekaligus penyediaan bahan baku pangan,” kata Hendra.

Budidaya terbaru, lanjut Hendra, memanfaatkan biota dalam ekosistem tambak. Rumput laut Gracilaria sp. berperan sebagai produsen yang menyerap nutrisi yang berasal dari perairan, pupuk, dan sisa metabolisme biota dalam tambak kemudian mengkonversinya menjadi biomassa melalui proses fotosintesis. Bandeng merupakan omnivora yang memakan partikel tersuspensi, fitoplankton, dan klekap. Sementara teripang pasir berperan sebagai pemakan detritus yang memanfaatkan bahan organik dalam tambak.

“Melalui metode ini, daur nutrisi dalam sistem budidaya menjadi lebih efisien, karena biaya pakan dan pengelolaan kualitas air dapat ditekan secara optimal yang akhirnya berdampak pada penurunan biaya produksi,” tambahnya.

Selain lebih ramah lingkungan, budidaya ini juga memiliki produktivitas dan nilai ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan budidaya masing-masing komoditas secara monokultur.

Sementara menurut Tutik Murniasih, Peneliti P2O LIPI menyebut, teripang memiliki bentuk yang kurang menarik, tetapi tetap diminati untuk dikonsumsi.

”Masyarakat saat ini sudah sadar untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dari produk alami karena memiliki manfaat fisiologis dan mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit kronis,” jelasnya.

Contohnya teripang Stichopus vastus yang tergolong teripang murah. Teripang Stichopus vastus memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk obat dan makanan kesehatan yang bernilai ekonomi tinggi.
https://www.zotero.org/qncjelygamat8

Location

Indonesia

Website

http://www.qncjellygamat.wala...

Moderator Tools

Mark as Spammer